Supported by

Written by Godi Suwarna, Directed by Sandra Fiona Long, Translation by Safrina Soemadipradja Noorman, Music by Mal Webb, performed by Godi Suwarna, Jodee Mundy, Mal Webb, Heliana Sinaga, Wawan Sofwan, Sahlan Bahuy and Sandra Fiona Long, Design by Deden Bulqini, Lighting by Aji Sangiaji, Project Manager Pradetya Novitri.


Urat Jagat (Veins of the Universe) was proudly supported by: Selasar Sunaryo Art Space, The Australian Government through the Australia International Cultural Council; an Initiative of the Department of Foreign Affairs and Trade, Rumah Dunia; Serang, The Australia Indonesia Institute, Bentara Budaya Bali; Kompas Gramedia; Kementrian Pariwisata; Bentara Budaya Jakarta, The Victorian Government through Arts Victoria, English Education Department; Indonesia University of Education Bandung and Multicultural Arts Victoria.


Monday, January 26, 2015

Sekilas tentang Urat Jagat / Veins of the Universe

Selamat datang di blog yang memuat jurnal proses dan tur pertunjukan poetry performing arts Urat Jagat (Veins of the Universe) produksi Mainteater Bandung dan Mainteater Melbourne! Berikut sekilas informasi mengenai pertunjukan yang akan berlangsung pada bulan Februari 2015 ini.

Poetry performing arts merupakan bentuk pementasan yang menyajikan puisi sebagai sebuah karya pertunjukan. Dalam pertunjukan tersebut dipilih beberapa puisi yang mengusung satu tema besar. 

Kali ini Mainteater akan mengangkat puisi-puisi berbahasa Sunda karya Godi Suwarna ke dalam sebuah pertunjukan bertajuk Urat Jagat. Urat Jagat bertemakan dunia yang sakit dan berkisah tentang perusakan dan kerusakan alam. Terangkai dalam kalimat-kalimat penuh rima dan menjelma menjadi melodi indah, Urat Jagat menyuarakan alam—betapa alam gelisah, marah dan kesakitan. 

Pada tahun 2011, Godi Suwarna dan Wawan Sofwan (teaterawan dan salah satu pendiri Mainteater Bandung) berkolaborasi dengan Mal Webb (seorang ahli musik dan multi-instrumentalist dari Melbourne), dan kolaborator Mainteater Melbourne, Jodee Mundy dan Sandra Fiona Long, untuk membahasakan puisi Godi Suwarna melalui media gerak tubuh, suara, dan bunyi.

Rekaman audio kolaborasi tersebut dapat disimak pada link berikut ini:


Dalam rangka memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional yang jatuh setiap tanggal 21 Februari, pada bulan Februari 2015 ini Mainteater akan menggelar tur poetry performing arts Urat Jagat di beberapa kota di Indonesia, yaitu Bandung, Jakarta, Serang dan Bali. Tim yang sama berkumpul kembali untuk mengembangkan proses kreatif dalam kolaborasi sebelumnya. Pertunjukan multi-bahasa tersebut kali ini akan diperkuat tata artistik dan multimedia oleh Deden Bulqini, tata cahaya oleh Aji Sangiaji serta kerjasama yang solid dari anggota tim lainnya.

Nantikan informasi terbaru seputar proses dan tur Urat Jagat dalam blog ini. Terima kasih dan salam budaya!

No comments:

Post a Comment